September 26, 2022
Sinopsis Ivanna, film horor Indonesia terkini Tayang di Bioskop
Sinopsis Ivanna, film horor Indonesia terkini Tayang di Bioskop

Simak sinopsis Ivanna disini, para pecinta film horor Indonesia pasti telah menanti film ini. Masyarakat banyak memburu sinopsis Ivanna banyak  sebab menjadi salah satu film horor terkini Indonesia 2022 yang menarik. Film ysng mereka angkat dari sebuah novel karya Risa Saraswati, telah dinanti cukup lama oleh para pecinta film. Salah satu hasil karya Risa lain yang juga menjadi film ialah Danur, dan Danur 2: Maddah. Film Ini sendiri memiliki jalan cerita unik dan menarik serta menguras air mata. Bukan cuma seram, ada sejarah yang bisa ditilik dari film horor Indonesia terbaru 2022 ini. Ivanna ialah film horor Indonesia terkini yang juga spin off dari Danur 2: Maddah yang tayang 2018 lalu.

 

Para Pemain Film Ivanna

Film yang mengadaptasi dari novel karya Risa Saraswati yang judul Meruntih Pitam: Ivanna Van Dijk. Film produksi MD Pictures yang dan Kimo Stamboel sebagai sutradara ini tayang perdana di bioskop tanah air pada 14 Juli 2022 dengan waktu 103 menit. Ivanna dibintangi oleh Caitlin Halderman, Jovarel Callum, sampai Junior Roberts yang mengangkat kisah balas dendam seorang hantu Belanda yaitu Ivanna Van Dijk.

 

Spoiler Film Ivana

Mulanya, karena ayah dan ibunya yang telah mati, Ambar (Caitlin Halderman) dan Dika (Jovarel Callum) pindah ke sebuah panti jompo milik sahabat orang tua mereka dan buah hatinya, Agus (Shandy William). Panti Jompo Masa Toea terdapat tiga orang, yakni Nenek Ani (Yati Surachman), Kakek Farid (Yayu Unru), dan Oma Ida (Rina Hassim). Mereka bertiga diurus oleh suster yang juga pacar Agus, Rina (Taskya Namya) dan tidak lama sesudah pindah Ambar dan Dika, cucu Oma Ida, Arthur (Junior Roberts), datang untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tidak banyak yang tahu, Ambar sebetulnya punya kemampuan melihat hal-hal tak kasat mata.

Pada suatu hari ia tak sengaja mendapat penglihatan dari masa lalu yaitu Ivanna (Sonia Alyssa), perempuan Belanda. Ivana mengalami penyiksaan yang dilakukan tentara Jepang yangdan mengakibatkan ia kehilangan kepala. Meski semasa hidupnya, Ivanna dan keluarga senantiasa bersikap bagus dengan pribumi, tetapi nasibnya usai mengenaskan. Serangkaian kejadian mistis mulai menghantui Ambar dan semua penghuni panti jompo, terlebih sesudah mereka menemukan sebuah patung tanpa kepala di ruang bawah tanah beserta dengan piringan hitam yang berisi nyanyian mengerikan. Pada hari Lebaran, situasi kian mencekam ketika penghuni panti menemukan Nenek Ani meninggal dengan situasi tanpa kepala. Seluruh orang panik, lebih-lebih ketika satu persatu misteri dendam Ivanna terkuak dan keselamatan segala penghuni panti malahan terancam. Ambar bahkan dituntut untuk menuntaskan dendam Ivanna, sebelum arwah itu merenggut nyawa mereka semua. 

Alasan Mengapa Kau Sepatutnya Nonton Film Ini

Dari novel best eller Risa Saraswati

Nama Risa Saraswati tentu sudah banyak yang kenal luas sebagai salah seorang penulis cerita horor yang mampu membikin pembacanya ketakutan. Telah belasan karya dia buat dan hampir semuanya berlabel best seller. Seri novel Danur salah satu contoh yang jadi novel horor legendaris dan berakibat menjadi film.
Nah, Ivanna yang kala ini tayang di bioskop juga berasal dari buku yang ia tulis dan termasuk dalam semesta film Danur. Inspirasi besar cerita Risa berasil mereka adaptasi dengan bagus oleh Kimo Stamboel yang kita tahu sebagai sutradara film horor kawakan. Walhasil film ini tersaji dengan tingkatan horor yang lebih tinggi dari pada horor lokal yang lain. Malah, mungkin dengan beberapa film Danur yang sudah tayang lebih dulu.

Film horor dengan cerita yang tersusun rapi

Ivanna enggak cuma memasarkan adegan-adegan mengejutkan seperti banyak film horor lainnya. Sebaliknya, film ini konsentrasi pada cerita yang mereka cerita dengan rapi. Latar belakang si hantu tanpa kepala ini mereka sebut dengan porsi yang ideal. Penonton jadi semacam itu paham maksud dari hantu ini meneror para protagonis dalam film.
Mulanya mungkin penonton jadi bingung mengapa hantu Ivanna seperti itu sadis mengincar nyawa orang-orang baik di film ini. Melainkan, sedikit demi sedikit alasan itu terkuak sepanjang filmnya. Sebenarnya, Ivanna ini bukan hantu yang seenak hati membunuh orang tanpa alasan yang jelas.

Tak Andalkan jumpscare, tetapi konsisten bikin merinding

Soal hal yang bikin berdiri bulu kuduk jangan tanya lagi! Filmya memang tidak telalu banyak muncul adegan jumpscare yang bikin penonton kaget dengan muncul wajah hantu yang tiba-tiba timbul depan layar. Tetapi, sepanjang film penonton mungkin akan kuatir sebab absensi penampakan Ivanna kadang hadir dari adegan yang tidak terduga. Malah kemunculan tidak senantiasa ada backsound pesat yang bikin tegang.

Hal inilah yang membuat film horor jadi lebih terasa ngerinya. Adegan sederhana seperti penampakan Ivanna yang jalan di lorong, atau penampakan patung Ivanna yang tiba-tiba hadir di ruang tengah telah berhasil membuat para penonton merinding.